Semangat Pagi,
Mungkin kita pernah mengalami (di suatu perusahaan) ketika kita -sebagai orang IT- dikomplen oleh user kalo email kita error, sama sekali kita ga bisa kirim/terima email.
Langkah yang bisa kita lakuin yaitu :
1. Kalo kita juga termasuk user (server ada yang menangani di pusat), kita tanya dulu kondisi mail server pusat apakah bermasalah/tidak. Kalau emang bermasalah ya, kita tinggal nunggu konfirmasi sembari kita juga cek mail server kita bermasalah ga, bisa dengan cara kirim/terima email dari jaringan lokal. Kalau dari jaringan lokal bisa kirim/terima, kemungkinan error ada di mail server pusat.
Namun, kadang ketika mail server pusat sudah beres dan secara lokal ga da masalah, tapi kita tidak bisa kirim/terima email dengan network luar (ex gmail, yahoo, ato ke kantor pusat yang harus menggunakan jaringan internet).
Untuk menangani masalah ini kita bisa coba cara berikut :
2. Cek koneksi internet kita, kalo bermasalah, kemungkinan error karena koneksi internet kita.
3. Kalau koneksi internet kita lancar (buat browsing, chatting, sampe FB-an), ada kemungkinan kalo IP kita (IP publik dari ISP) diblokir sama SpamHaus.org (bingung mendefinisikan-nya). di Bawah ini screen shoot home page dari SpamHaus.org :
Di tutorial berikut kita akan mengecek apakah IP kita diblokir oleh SpamHaus.org atau tidak.
Mungkin kita pernah mengalami (di suatu perusahaan) ketika kita -sebagai orang IT- dikomplen oleh user kalo email kita error, sama sekali kita ga bisa kirim/terima email.
Langkah yang bisa kita lakuin yaitu :
1. Kalo kita juga termasuk user (server ada yang menangani di pusat), kita tanya dulu kondisi mail server pusat apakah bermasalah/tidak. Kalau emang bermasalah ya, kita tinggal nunggu konfirmasi sembari kita juga cek mail server kita bermasalah ga, bisa dengan cara kirim/terima email dari jaringan lokal. Kalau dari jaringan lokal bisa kirim/terima, kemungkinan error ada di mail server pusat.
Namun, kadang ketika mail server pusat sudah beres dan secara lokal ga da masalah, tapi kita tidak bisa kirim/terima email dengan network luar (ex gmail, yahoo, ato ke kantor pusat yang harus menggunakan jaringan internet).
Untuk menangani masalah ini kita bisa coba cara berikut :
2. Cek koneksi internet kita, kalo bermasalah, kemungkinan error karena koneksi internet kita.
3. Kalau koneksi internet kita lancar (buat browsing, chatting, sampe FB-an), ada kemungkinan kalo IP kita (IP publik dari ISP) diblokir sama SpamHaus.org (bingung mendefinisikan-nya). di Bawah ini screen shoot home page dari SpamHaus.org :
Di tutorial berikut kita akan mengecek apakah IP kita diblokir oleh SpamHaus.org atau tidak.
0 Response to "SpamHaus.org Tutorial Part I"
Post a Comment