SpamHaus.org Tutorial Part IV

Baru Update lagi nih,


Ilustrasi :
A : User pengirim email
B : User yang tidak bisa terima email (khususnya dari A)
C : User email yang tidak bermasalah

Pernah suatu ketika email client (B) mengeluh tidak terima email dari satu account (A). Padahal email dari alamat lain bisa masuk dengan lancar. Setelah aku cek ternyata IP public diblok di spamhaous.org. Lalu aku coba deh cara yang sudah aku post di blog ini. Tapi sampai berapa kali kucoba tidak berhasil. Setelah sampai pada Form isian untuk removal, setelah aku submit tidak ada respon apa-apa, selalu kembali ke halaman form removal tadi.

Lalu aku coba user yang tidak bisa kirim email ke user lain (A) supaya mengirim email ke C. Setelah di Send/Receive di komputer C ternyata email yang dikirim ternyata masuk ke SPAM. Memang setelah aku telusuri saat mencoba meremove IP public itu ada informasi kalau mungkin salah satu client bermasalah, karena ada virus, Malware, atau ada settingan di NAT-nya (aku juga blum mudeng tuh tentang NAT).

Lalu aku drag email dari A tadi dari SPAM ke INBOX dan ketika muncul informasi email-nya benar (bukan SPAM) yakin/tidak aku pilih Yes. Terus aku balik ke spamhaus.org dan coba remove lagi. Alhamdulillaah, proses removal berjalan seperti biasa (normal) dan IP public sudah tidak terblok lagi.

Sekian dulu tambahan tutorial Spamhaus.org...

Semoga bermanfaat

Ga mau ketinggalan Informasi Menarik Lainnya kan? Silakan Subscribe

0 Response to "SpamHaus.org Tutorial Part IV"

Post a Comment