Buang Header/Footer Default Open Office

Langsung aja ya,


Secara default Open Office disetting supaya setiap kita cetak file/dokumen selalu muncul HEADER dan FOOTER. Maksudnya si supaya kita tau kita itu nyetak dokumen yang mana, dan berapa lembar. Di bagian header tertulis "Sheet x", maksudnya dokumen yang kita cetak adalah yang ada di Sheet x (dengan catatan belum kita rename Sheet-nya). Footer menunjukkan jumlah halaman yang kita cetak (Page n).

Namun kadang kita tidak membutuhkan kehadiran HEADER maupun FOOTER default Open Office. Kita bisa menghilangkan maupun mengubah isi dari header maupun footer sesuai keinginan kita. Sekarang ini kita akan mencoba untuk menghilangkan header maupun footer.

Kita mulai dengan lembar kerja / dokumen yang akan kita cetak. Secara default ketika kita Preview bahkan cetak, maka akan muncul header dan footer-nya seperti ini :


Gambar di atas menunjukkan print preview dokumen saya, terlihat apa header "Sheet 1" dan footer "Page 1". Kita dapat menghilangkannya dengan cara :
pada lembar kerja klik menu Format >> Page sehingga muncul jendela properties page :


Lalu kita cari Tab HEADER dan uncheck pilihan Header On. Begitu pula untuk bagian footer, tinggal kita klik Tab Footer, uncheck pilihan Footer On.





Setelah di uncheck kedua pilihan tersebut, maka ketika kita preview / cetak header maupun footer tidak akan muncul :


Sekian dulu tutorial open office mengenai header dan footer. Semoga bermanfaat dan bisa terus melanjutkan bagi-bagi ilmu/informasi.

Ga mau ketinggalan Informasi Menarik Lainnya kan? Silakan Subscribe

0 Response to "Buang Header/Footer Default Open Office"

Post a Comment