Penggunaan Subtotal Open Office Calc

Selamat Pagi,

Mungkin kita pernah disuruh menghitung, baik jumlah (COUNT), nilai jumlah (SUM), maupun fungsi lain pada data yang diberikan kepada kita. Kita bisa melakukan perhitungan dan operasi-nya di ms. excel, baik secara manual, rumus, maupun dengan subtotal.

Bagi pengguna Ms.Office Excel mungkin sudah terbiasa dan dapat dengan mudah melakukan perhitungan. Khususnya dengan subtotal, karena di Excel tombol subtotal bisa kita temukan dengan mudah. Namun pada Open Office mungkin kita bingung. Bukan karena tidak ada fitur nya, tetapi karena tempat tool subtotal yang tidak semudah excel untuk mengaksesnya.

Tutorial kali ini akan saya tunjukkan bagaimana perintah subtotal pada Open Office Calc. Langkah pertama kita siapkan data yang akan kita proses dengan subtotal.


Jika data sudah siap, kita blok kolom yang akan kita proses, mulai dari header sampai data terakhir.


Lalu kita proses dengan subtotal. Klik menu Data >> Subtotal


Sehingga muncul jendela seperti ini :


Karena kita akan memproses data Nama dan Count dari nama, maka pada pilihan Group by : pilih "Nama", lalu pada Calculate subtotal for : centang (check) "Nama", dan pada Use Function pilih "COUNT", lalu OK.
Maka hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut :


Di bagian formula bar berisi formula dari subtotal yang sudah digunakan. Data Nama yang kita proses akan dikumpulkan berdasarkan kesamaan penulisan dan format, lalu di bagian bawahnya akan muncul COUNT / jumlah dari masing-masing nama yang sudah dikumpulkan. Di bagian akhir, paling bawah terdapat jumlah total dari data yang kita proses.

Sekian Tutorial awal open office mengenai subtotal. Berikutnya akan saya coba tampilkan pemakaian fungsi subtotal dengan group lebih dari satu.

Semoga bermanfaat.

Ga mau ketinggalan Informasi Menarik Lainnya kan? Silakan Subscribe

0 Response to "Penggunaan Subtotal Open Office Calc"

Post a Comment