Smoothwall Linux Router

Postingan ini hanya pengantar saja...


Bagi kita yang bekerja di bidang IT maupun kita yang ingin membangun usaha warnet sendiri, kita harus tahu bagamana cara membagi koneksi internet yang kita miliki kepada user maupun client. Sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa kita gunakan untuk melakukan sharing internet kepada client baik berbayar maupun free, bahkan "bajakan".

Peralatan yang digunakan juga bermacam-macam, mulai dari Built-in hardware yang sudah include dengan router seperti mikrotik, maupun hanya dengan mengandalkan modem, PC lama (kelas P III), dsb.

Bagi kita yang ingin usaha warnet dengan budget minim pasti memilih untuk mencari alat sharing yang GRATIS, mudah dikonfigurasi dan dikontrol. Pengalaman pribadi saat membangun warnet saya gunakan linux distro ubuntu versi desktop dengan software bernama Firestarter. Untuk pemakaian di warnet penggunaan ubuntu desktop dan firestarter sudah cukup memadai. 

Namun saat itu saya hanya menerapkan di sesama OS Linux (ubuntu). Ketika saya coba di perusahaan t4 saya bekerja pemakaian firestarter tidak memungkinkan. Meskipun saat saya masuk perusahaan sudah ada mikrotik, tapi karena saya tidak menguasai dan belum pernah menggunakan, maka ketika terjadi crash di mikrotik saya tidak bisa membereskan.

Setelah bertanya pada mbah Google saya menemukan bahwa ada beberapa distro linux yang khusus digunakan untuk urusan pengaturan jaringan internet dan sebagai Router. Salah satu yang saya gunakan dan sedang saya pelajari adalah Smoothwall.

Sampai saat ini pemakaian Smoothwall dirasa cukup handal untuk menangani pembagian akses internet yang kompleks dan beragam aturan di perusahaan. Smoothwall yang digunakan saat ini saya aplikasikan untuk menentukan client mana saja yang boleh mengakses internet, jam pemakaian internet, dan pemblokiran/pengalihan terhadap situs2 tertentu.

Berikut saya lampirkan link ebook Installasi dan Konfigurasi Smoothwall yang dibuat/ditulis oleh seorang guru swasta (dari tulisan di ebook) bernama Drs. Sunarto. Kepada Bapak Sunarto saya minta ijin Anda untuk berbagi link dan ilmu penggunaan Smoothwall-nya.

Tutorial Installasi Smoothwall

Tutorial Administrasi dan pengaturan Smoothwall

Demikian Pengantar penggunaan Smoothwall.
Semoga bermanfaat.

Ga mau ketinggalan Informasi Menarik Lainnya kan? Silakan Subscribe

0 Response to "Smoothwall Linux Router"

Post a Comment