Tutorial : Sub Total pada Ms Excel (2010)

Ketika kita dihadapkan pada suatu data,  di mana kondisi data tersebut acak dan terdapat nama2 item (misalnya) yang sama. Kita diharuskan menjumlahkan jumlah item yang sama dan harus sesegera mungkin untuk diselesaikan.



Cara pertama adalah dengan sorting data berdasarkan item supaya berurutan lalu kita memakai fungsi SUM untuk masing-masing item. Cara ini cukup efektif, namun hanya untuk data dengan variasi item sedikit. Bagaimana jika data yang diberikan mempunyai variasi nama item ribuan, bahkan rausan ribu item?

Berikut cara yang cukup mudah dan cepat untuk memecahkan masalah itu.

1. Langkah pertama yaitu dengan SORTING data berdasarkan nama item supaya item terkelompok dan berurutan (rapi). Langkah pertama tentu saja blok data yang akan disortir :


Lalu pilih sort pada tab data sampai diperoleh data urut (terkelompok) :


setelah data sudah terkelompok berdasarkan nama item lalu kita cari tab DATA dan pilih SUBTOTAL :


Lalu kita akan disuguhi jendela pilihan subtotal, dan kita atur sesuai kebutuhan. Misalkan dari contoh kita ingin mencari tahu jumlah/quantity masing-masing item. sehingga pengaturannya adalah sebagai berikut :


di bagian A pilih kolom ITEM, lalu pada bagian B pilih kolom JUMLAH yang akan dijumlahkan, dan pada bagian C pilih fungsi yang akan kita gunakan. Karena kita akan mencari jumlah, maka kita pilih fungsi SUM. lalu atur bagian D sesuai kebutuhan. Setelah itu klik OK dan data akan otomatis dijumlahkan jumlah/quantity-nya berdasarkan nama item :

1. Hasil jika pilihan Page Break Between Group dipilih



2. Hasil jika pilihan Page Break Between Group tidak dipilih


Demikian, semoga dapat membantu mempermudah mengerjakan tugas kita.

Ga mau ketinggalan Informasi Menarik Lainnya kan? Silakan Subscribe

0 Response to "Tutorial : Sub Total pada Ms Excel (2010)"

Post a Comment