Printer Spooler Error -Windows 7 tested-

Kali ini saya arsipkan cara memperbaiki Printer Spooler Error di Windows 7, alias error tidak bisa add printer jaringan, tidak bisa cetak/print, dan Service Print Spooler Mati sendiri. Kondisi nya karena service Print Spooler Stopped, dan ketika di Start beberapa saat kemudian stop lagi.
Penyebab kondisi ini saya sendiri tidak tahu pasti, mungkin adanya malware, trojan, atau virus yang merusak service.

OK, langsung saja berikut cara yang saya pakai, dan masih tested dan berjalan seperti biasa tanpa harus reInstall OSnya. Untuk sumber saya lupa mencatat/meng-copy link website nya -maaf bagi yang merasa punya tutorial ini-

Pertama :
Masuk ke direktori C:\WINDOWS\System32\spool\drivers\w32x86\3 , hapus semua isi yang ada di dalam Folder 3, untuk beberapa mungkin ada yang tidak bisa dihapus, SKIP saja...

Kedua :
Buka regedit, cari di direktori : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Print\Environtments\WindowsNTx86\Drivers\Version-3 , hapus semua isinya kecuali Default.

Ketiga :
Download aplikasi Print Spool Repair Tool melalui link INI, dan jalankan.



Klik tombol SCAN/REPAIR, tunggu sampai proses selesai, biasanya akan minta restart PC, klik OK untuk restart. Setelah menyala dan masuk desktop akan ada informasi kalau proses repair sudah selesai.

ADD PENTING !!!

+ Cek Service Print Spooler di Control Panel >> Administratif Tools >> Services, cari Print Spooler, cek apakah settingan run Automatic, dan kondisi Service Started.

+ Kalau print spooler service Started, selamat, Anda berhasil memperbaiki print spooler yang error.

+ Kadang meskipun sudah start, tapi masih belum bisa digunakan untuk printing.

+ Remove semua printer yang sudah Anda Add di Device And Printers, kemudian ADD ulang printer yang akan digunakan untuk mencetak, set as default, dan insyaAllaah sudah bisa digunakan untuk mencetak seperti awal sebelum error.


Semoga bermanfaat.

Salam Cetak Sukses...


Luthfan Fakhrurrozi

Ga mau ketinggalan Informasi Menarik Lainnya kan? Silakan Subscribe

2 Responses to "Printer Spooler Error -Windows 7 tested-"

  1. Gan, trima kasih atas bagi ilmu dan solusinya. krn ane dah bisa ngatsi problem ini

    ReplyDelete